Tingkatkan Kualitas Pelayanan Publik, Polsek Menes Pajang SOP

 

Pandeglang – Sebagai institusi yang bersentuhan langsung dengan masyarakat, Kepolisian Republik Indonesia (Polri) harus dapat menjadi andalan dalam melindungi, mengayomi, dan melayani masyarakat. Seiring dengan dinamika sosial dan kemajuan teknologi digital yang makin cepat dan disruptif, Polri harus terus melakukan berbagai upaya dalam peningkatan kualitas layanan. Dalam kesempatan ini, Kapolsek Menes Polres Pandeglang menyampaikan beberapa hal yang dapat dilakukan Polri untuk meningkatkan kualitas pelayanan publik.

“Pertama, tingkatkan terus kompetensi SDM Polri, termasuk peningkatan literasi digital untuk mendukung kualitas Polri yang semakin profesional, kompeten, dan berkarakter,” ucap Akp Hero, SH (25/05/2023).

Upaya kedua, menurut Kapolsek pelayanan seperti pembuatan SKCK, Surat keterangan Kehilangan dan Laporan Tindak Pidana harus terus dievaluasi dan dikembangkan demi kemudahan akses layanan bagi masyarakat.

“Hal tersebut untuk mendukung penegakan hukum yang tegas, adil, dan humanis sebagai bagian dari pelayanan publik,” ujar Kapolsek.

Kapolsek berharap ke depan digitalisasi pelayanan publik Polri diharapkan dapat diterapkan di Polsek dan terintegrasi dengan pelayanan publik instansi pemerintah lainnya melalui aplikasi pelayanan publik nasional (Super-Apps) dan Mal Pelayanan Publik (MPP).

 

“MPP adalah wujud layanan publik yang terintegrasi pada satu tempat, sehingga akses layanan masyarakat dapat lebih mudah, cepat, dan murah,” jelasnya.

Lebih lanjut, Kapolsek mengharapkan agar Polri dapat memperhatikan dinamika sosial agar seluruh dampaknya dapat diantisipasi demi kebaikan masyarakat.

“Pertajam kemampuan untuk memprediksi dinamika masyarakat dengan segala dampaknya agar Polri terus pandai berbenah dan bertransformasi,” imbuh Kapolsek.

Ditemui ditempat berbeda Kasihumas Polsek Menes Polres Pandeglang Bripka Sukarno, S.AP. menambahkan, “kami juga mengharapkan agar Polri untuk selalu menjalankan tugas dan fungsinya secara profesional, terlebih saat ini dengan kemajuan teknologi informasi, fungsi pengawasan dapat dilakukan oleh publik secara mudah, semakin terang benderang dan tanpa batas karena mata kamera dan telinga masyarakat selalu hidup memperhatikan gerak langkah kepolisian, yang dapat dengan mudah menjadi viral di masyarakat,” Ungkap Sukarno.

“Marilah kita pertahankan semangat bekerja keras dan berkarya bagi bangsa dan negara. Kita harus bertekad untuk dapat mengejar ketertinggalan dari bangsa lain yang lebih maju dalam pelayanan publiknya,”.

Mungkin Anda Menyukai