Dugaan Kuat Pencemaran lingkungan Bersumber Dari PT RSM Di Cilegat Serang Banten

 

Serang- Warga setempat di Kawasan Cilegat Serang Banten Komplen akibat limbah dari pt RSM yang mengkibatkan lahan warga menjadi rusak dampak dari limbah pabrik. Minggu,( 16/12/2023) di kampung Cilget RT 05/RW 02 kecamatan Kopo Serang Banten.

Di duga pabrik PT RSM di kawasan kampung cileget Limbah B3 merupakan salah satu rangkaian kegiatan yang mencakup penyimpanan, pengumpulan, pemanfaatan, pengangkutan, dan pengolahan limbah B3 termasuk penimbunan hasil pengolahan tersebut di nilai kurang efektif. sumber investigasi media wartapolri.com dan mediabuser.com

 

Penghasil Limbah B3
Pengumpul Limbah B3
Pengangkut Limbah B3
Pemanfaat Limbah B3
Pengolah Limbah B3
Penimbun Limbah B3
Mayoritas pabrik tidak menyadari, bahwa limbah yang dihasilkan termasuk dalam kategori limbah B3, sehingga limbah dibuang begitu saja ke sistem perairan tanpa adanya proses pengolahan. Pada dasarnya prinsip pengolahan limbah adalah upaya untuk memisahkan zat pencemar dari cairan atau padatan. Walaupun volumenya kecil, konsentrasi zat pencemar yang telah dipisahkan itu sangat tinggi. Selama ini, zat pencemar yang sudah dipisahkan atau konsentrat belum tertangani dengan baik, sehingga terjadi akumulasi bahaya yang setiap saat mengancam kesehatan manusia dan keselamatan lingkungan hidup. Untuk itu  limbah B3 perlu dikelola antara lain melalui pengolahan limbah B3.

Lahan terdampak pt

Ketika dimintai keterangan kepada pemilik lahan yang terkena dampak limbah tersebut. ” saya sih ingin nya lahan saya yang terkena dampak ini bisa di beli sekalian daripada lahan saya disini tidak produktif akibat limbah dari pt RSM.” Ujar (U) pemilik lahan tanah tersebut.

Lanjut.(U) ini jelas dengan bukti foto yang ada bahwa tanah lahan saya mati tidak produktif imbas dari limbah ini.” dan saya meminta kepada Menteri terkait segera sikapi bagaimana seharus nya lahan-lahan yang berdekatan dengan pt RSM ini bisa di atasi agar tanah saya bisa produktif atau berilah kebijakan dan solusi terbaik untuk hak hak kami sebagai pemilik lahan yang terkena imbas limbah pt ini. “Tandasnya.(tutup)

Red/team media

Mungkin Anda Menyukai